Sabtu, 27 September 2014

Separuh Jiwaku Pergi

Tenang aja, ini bukan seperti lagunya Anang dengan jarinya yang disilang ataupun kisah tentang diputus pacar (dan semoga tidak akan pernah. Aaamiinnn praying) tapi rasanya hampir sama dengan orang patah hati lhoo. Ciyusan deh sad

Begini ceritanya~
(bakalan panjang nih, jadi silahkan cari posisi yang enak biar bisa baca sampai kelar batting eyelashes)

Jrengggg...

Emmm, cerita ini berawal ketika si jenk alias roommateku memutuskan untuk pulang kampuang nan jauh dimato. Betapa hancurnya hatiku. Secara yaa udah 1,5 taun kita apa-apa bareng. Hampir selama 24 jam nonstop kita bareng kecuali kalau malem minggu aku dengan teganya ngedate sama Fal dan ninggalin si jenk teronggok sendiri di kostan atau kalau hari minggu salah satu dari kita pulang ke rumah.

Apa-apa hampir selalu dibagi dua mulai dari fasilitas kamar kost seperti kasur, lemari, dan rak buku. Berbagi barang-barang pribadi seperti setrika dan magic com (punya si jenk) lalu kipas angin dan motor (punyaku). Baju, sabuk, kerudung, dan aksesoris pun kadang kita pinjem-pinjeman supaya bisa tampil matching ala-ala hijabers gitu. And of course, patungan untuk makan demi terciptanya hidup yang irit diperantauan (ceileh bahasanya). Iyaa, jadi selama kost bareng kita adain iuran sembako tuh. Perbulannya masing-masing dari kita iuran 150ribu untuk biaya masak, beli beras, isi ulang galon. Dan itu cukup looooh gaessss buat idup kita sebulan. So sweet lah pokoknya kita ini. Iya kan, jenk?? crazy monkey 060

Keterbiasaan ada si jenk lalu tiba-tiba nggak ada dia itu ibarat separuh jiwaku pergi. Beneran deh. Akhir-akhir ini aku baru sadar kalau aku ketergantungan dia dalam banyak hal. Baik dalam kerjaan maupun soal curhat-mencurhat. Dulu tiap aku mau curhat, selalu ada si jenk yang siap mendengarkan aku mulai dari curhat remeh temeh kayak kesensitifanku sama tukang parkir atau kebingunganku milih baju warna apa waktu kita lagi shopping sampai curhat level tertinggi saat aku lagi down-downnya waktu ada masalah sama Fal, dengan sabarnya si jenk selalu mendampingi aku dan menguatkan aku (bahasanya emang lebay sih, tapi emang gitu kok yang aku rasain sad).

Tiap pagi si jenk punya kebiasaan ngopi. Iya, si jenk itu coffe addict. Sehari kalau nggak ngopi rasanya kliyengan katanya (emang beneran sampe segitunya yaa, gaesss?). Dulu waktu awal-awal tiap si jenk bikin kopi, maka dia akan bawa dua gelas air panas ke dalam kamar. Satu untuk dia bikin kopi, satu untukku bikin susu padahal aku nggak pernah minta, nggak pernah nyuruh dan itu dilakukan otomatis. Begitupun kalo dia bikin roti panggang, nggoreng kentang atau apapun lah yang sebenernya bisa dia kerjain untuk dirinya sendiri tapi nggak, si jenk masih aja sempet-sempetnya mikirin kemaslahatan hidup temen-temennya.

Ada si jenk semua urusan pasti beres. Mungkin udah bawaan orok dari Ibunya si jenk yang cekatan kali yaa dan penjelmaan si jenk pun seperti itu. Si jenk paling nggak bisa diam. She must do something. Kalau aku pernah kenal orang seringan tangan tangannya orang, maka dia lah si jenk. Bahkan kadang dalam urusan kantor yang bukan jadi tanggung jawabnya si jenk pun maka dia akan langsung ikut bantu buat nyelesainnya kalau sekiranya ada yang belum selesai dan pas. Makanya kadang kalau aku lagi kumat malesnya, tinggal speak-speak dikit. Clingggg... pekerjaanku selesai dikerjakan oleh si jenk. Oupsssss keceplosan~ blushing

Si jenk itu miss solusi. Kadang ketika seseorang itu curhat, dia kan hanya butuh 'tempat sampah' doank kan ya? Nggak perlu solusi, cukup didengerin. Nah kalo si jenk ini enggak. Dia itu ibarat 'mesin penghancur sampah', bagi dia jika temennya curhat ke dia tentang sebuah masalah itu artinya sama dengan jadi masalahnya juga dan dia akan langsung ikut mikir masalah itu. Kadang aku nggak habis mikir dengan sifatnya yang kayak gitu, mau aja capek ikut mikirin masalah orang, mau susah payah nambah-nambahin masalah padahal masalahnya sendiri pun juga udah banyak. Bagi si jenk, urusan orang lain itu wajib diutamakan di atas kepentingan pribadinya. Dan aku salut untuk itu *keplok-keplok* applauseapplauseapplause

Tapi yaa yang namanya manusia itu tidak luput dari dosa, nestapa, dan gundah gulana kan ya. Dibalik sifat-sifat 'bundadari'nya si jenk, pasti adalah lah satu atau dua sifat dan kelakuan si jenk yang  kadang bikin aku gedeg dan eneg, salah satunya kalau dia lagi kumat narsisnya. Si jenk selalu bilang kalau dia itu cantik. Satu, dua, tiga kali sebut okelah yaa, tapi kalo nyebutnya berkali-kali dan disetiap kesempatan juga kan lama-lama eneg juga ngedengernya kakakkk. Hampir bisa dibilang kenarsisannya dia itu udah mau nyampe level takabur apa yaa. Pokoknya bikin telinga ini geli-geli tiap kali ngedengerin narsisnya si jenk. Untungnya sekarang si jenk udah insyaf gara-gara bulan-bulan kemarin dia lagi kena sakit yang bikin dia nggak cantik lagi. Rasanya itu antara ngempet ngguyu waktu dia ngomong gitu dan beneran prihatin waktu tau kondisinya saat sakit. Makanya jangan belagu donk~ *ditimpuk si jenk*

Oiyaaa, selain itu kelakuannya yang suka kentut sembarangan itu yang kadang bikin aku eneg juga. Dia sih ngelesnya nggak bau. FYI, dia jago banget tuh ngebedain mana kentut yang nggak bau dan kentut yang akan berujung bau. Helllloooowww, bukan cuma masalah bau apa nggak baunya yaa jenk tapi asas kesopanan dan kenyamanannya juga. Si jenk nih yaa kalo mau kentut tuh pasti kentutnya dulu yang dikeluarin sambil bilang "oupsss sorry keceplosan" sambil pasang muka sok imut gitu. Gimana nggak bikin akunya pengin banget toyor-toyorin kepalanya ke tembok, untungnya aku inget kalo dia lebih tua. Tetep yaa tua, jenk! tongue

Terlepas dari itu semua, bisa dibilang si jenk itu bundadari seperti yang sering dia ucapkan, tapi nggak sesering kayak dia bilang kalau dia cantik sih.

Si jenk itu teman debat sejati, yang kadang dalam beberapa hal kita emang nggak sepaham dan kadang kita keukeuh-keukeuhan dengan pendapat masing-masing.

Si jenk itu boros, buat dia nabung itu adalah yang paling susah dilakukan. Lebih susah dari nyelesain masalah temen kaliii yaa.

Si jenk itu pemaaf (kayaknya lho), kalo kita lagi atos-atosan sampai kadang mau perang beneran dan ujung-ujungnya kita diem-dieman. Seringnya dia akan jadi orang pertama yang negor duluan. Mungkin dia mikirnya dia lebih tua kali yaa dan takut kalo keriputnya nambah gara-gara marah laughing

Si jenk itu terlalu eman-eman jika harus stag di sini dengan segala bakat dan kemampuannya yang seharusnya bisa lebih dia asah dan dia kembangkan di tempat lain. Makanya ketika akhirnya dia memutuskan untuk resign dan pulang ke kampuang nan jauh dimatonya, selain ngerasa sedih (pastinya) aku pun juga ngerasain senang karena akhirnya dia berani untuk 'melangkah' apalagi waktu tau dia mau nyari beasiswa dan lanjut S2 Psikologi, ke jurusan yang dari dulu dia idam-idamkan. Semoga beneran terwujud yaa jenk segala angan dan cita-citamu. Tenang aja anak baik itu disayang Allah kok, asal nggak takabur yaa winking

Banyak deh kalo harus nyeritain siapa, apa, dan bagaimana itu si jenk. Jadi novel tentang sahabat pun bisa kaliiii kalau akunya mau ngetik, tapi sayang rasa males untuk ngetik dan mengolah katanya lebih gedhe daripada semangatnya untuk beneran dibikin sepanjang novel big grin

Akhir kata (lah berasa pidato)

Makasih yaa jenk untuk kebersamaan selama 1,5 tahun ini (berasa kayak orang pacaran mau putus yak?) untuk segala kesabaranmu ngadepin aku, untuk pengalahanmu padahal aku tau kamu itu sebenernya paling nggak bisa dikalah-kalahin, untuk peladenanmu yang otomatis kamu lakukan padahal aku nggak minta sampai akunya terlena dan nggak selalu bisa bales untuk ngeladenin kamu (mager jenk, enakan tidur dikasur big grin)

Maaf kalau selama ini aku belum bisa jadi temen apalagi sahabat yang baik buat kamu. Belum bisa siap sedia untuk dengerin curhatan-curhatanmu. Belum bisa untuk ngelakuin apa-apa yang biasanya kamu lakuin ke aku. Belum bisa untuk seloyal dan seringan tangan kayak kamu.

Dan...

Nggak bisa untuk ngomong ini secara langsung karena aku tau pastinya aku bakalan nangis dan ujung-ujungnya nggak bisa ngomong. Yang ada akunya malah cuek bebek waktu ngeliat si jenk packing dan ngeliat dia pamit pulang pagi-pagi itu. Dikira ngetik ini pun nggak pake nangis apa? Ya nggak lah, cuma mbrambang-mbrambang aja kok weeeee.

Bangga pernah mengenalmu, jenk. Dan yang pasti lagi, aku juga tau kalau si jenk bakal bangga juga pernah mengenalku. Iyaaa kan jenk~ big hug


Tuh kan narsis banget kan si jenk :p
Jenk and Me :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar