Kamis, 25 September 2014

Balada Mencari Kost Baru

Aku mau curhat, kakakkk~

Ternyata nyari kost tuh nggak gampang yaa crying Ato sebenernya aku yang ribet? straight face

Well, dengarkan curhatkuuu~ *kemudian nyanyi*

Stop guyon! Oke ini serius! crazy monkey 082

Enggg, cerita ini berawal ketika kepergian si jenk. Kehilangan? pasti. Sepi? Apalagi. Berat diongkos? yaiyalah. Lhaa wong apa-apa kita terbiasa dibagi dua entah itu makanan ataupun bayar kost-kostan. Otomatis donk setelah kepergian si jenk (ini bahasanya serem amat yaak) aku harus mencoba survive untuk segala hal dari yang biasanya berdua jadi sendirian dan yang paling kerasa banget salah satunya ya soal pengeluaran untuk kost dan makan. Dulu waktu ada si jenk, untuk biaya sewa kost dibagi berdua karena kita nempatin sekamar untuk dua orang, selain itu tiap bulan kita juga iuran untuk uang masak dan itu ngirittttt banget lho gaessss.

Setelah diitung-itung, ternyata mepet juga keuanganku kalau 'tetap' memaksa kost di kost yang selama ini aku tempatin. Aku pun memutuskan untuk pindah kost saja dengan harga sewa yang dibawah kost lama. Akhirnya pencarian 'rumah baru' pun dimulai dan itu nggak gampang!!

Hampir stress aku dibuatnya... Awal nyari kost baru itu udah dimulai sejak bulan Juni lalu. Muter-muter mulai dari deket kost lama di daerah Gergaji dan Erlangga, lalu beralih nyari ke daerah deket kantor di Batan dan Miroto, kemudian mleber ke agak jauhan dikit di daerah Bulu dan Kaligarang, sampai yang kejauhan di Karangayu dan Puri Anjasmoro. Hasilnya? Nihil. Alasannya dari yang kemahalan, sudah penuh, sampai nggak cocok. Kalau kata si Dito seleraku yang angel, hahaaa... kalau dipikir emang iyaa juga sih. Entah kenapa selalu ada rasa yang nggak pas tiap liat-liat kost. Kalau kata Nandia (adek kostku di kost gergaji) sih "Soalnya mbak Laras belum bisa move on dari kost sini". Mungkin karena kriteriaku yang susah kali yaa dengan harga segitu aku minta kost dengan fasilitas ada tv, dapur dan kulkas. big grin *nyengir lebar tanpa dosa*

Sampai tanggalan di bulan Juni mau abis pun belum juga dapet. Akhirnya setelah dirayu sama si jenk buat nambah sebulan lagi di kost gergaji dan setelah dipikir masak-masak, oke baiklah aku memutuskan untuk nambah sebulan dan ternyata Allah belum berkenan ngebiarian aku bayar kost full sendirian. Kenapa gituh? Karena eh karena, kan ceritanya si jenk resign dari kantor nih yaa. Otomatis untuk sementara kantor juga butuh karyawan tambahan dong ya buat gantiin posisinya si jenk yang kosong untuk sementara, jadilah Pak Bos ngirimin si Supar (karyawan dari kantor Jogja) buat ngegantiin posisi si jenk. Nah, selama bantu-bantu di kantor Semarang tentu Supar butuh tempat tinggal sementara dong yaa, di situlah aku menawarkan ke Pak Bos biar Supar ngekost bareng aku aja. Pasti udah ketebak maksudnya? Yupsss, biaya sewa kostku yang separuh dibayar Pak Bos sebagai fasilitas tugas luar kotanya Supar. Jadi, aku bayar sewa kost di bulan Juli masih bisa separo aja gitu. Alhamdulillah~ laughinglaughinglaughing

Dan bulan Juli pun aku memutuskan untuk stop dulu nyari kost barunya. Alasannya biar lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Kan gak lucu juga kalo waktu nyari-nyari kost terus kepanasan dan puasanya jadi batal gara-gara mukkah minum es degan. Iya nggak? Iya nggak? Iyain aja deh...

Bulan puasa selesai, lebaran datang, 1 2 3 hari dan libur lebaran pun usai yang artinya harus kembali kerutinitas lagi. Kerja Lagi. Mikir kost lagi. Bulan Agustus aku nyari kost sendirian, secara si jenk udah leha-leha di rumah. Kebayang dong aku yang orangnya bingungan kali ini nyari kost sendirian gimana kacaunya. Lhaa wong waktu bulan Juni aja nyari kost masih ditemenin si jenk gak nemu-nemu apalagi sekarang nyari kostnya sendirian. Huwaaaaaa, emakkkkk~

Aku tuh tipe orang yang keukeuh, sekali iya berarti iya, sekali enggak berarti enggak, dan sekali di situ ya berarti di situ. Waktu aku muter-muter nyari kost lagi, ceritanya aku jatuh cinta sama daerah Bulustalan (belakangnya ADA Bulu) dan tentulah aku muterin tuh tiap gangnya demi dapat kost di daerah situ. Tiap mau berangkat kerja disempetin lewat daerah Bulustalan, pulang kerja juga dibela-belain muter dulu ke daerah situ, setiap gang ditanyain ada kost nggak. Ada kali dua minggu aku cuma muter-muter di daerah Bulustalan aja dan hasilnya tetep nihil. Zonk... crying si jenk nyaranin lagi buat perpanjang lagi sampai dapet, tapi akunya juga keukeuh buat tetep out dari kost gergaji dan udah kadung bilang sama Ibu kost kalau nggak akan perpanjang kost di bulan September.

Mau nggak mau aku mulai move on dari daerah Bulustalan dan mulai mencari di sekitaran daerah Mataram yang sebenernya lebih deket banget jaraknya kalau mau ke kantor. Pencarianpun dimulai. Survei-survei. Nyatat nomer hape. Keluar masuk tiap gang dari ujung jalan Mataram sampai pol mentok ke gang ujung sonooo~ dan udah mulai hopeless juga soalnya sampai tanggal 31 Agustus belum nemu juga at wits' end

Sampai akhirnya aku iseng. Iya iseng-iseng berhadiah, aku BBM temen aku yang dulu pernah nyari kost juga dan sekarang dia udah dapat kost di daerah Mataram. Aku tanyalah dia ngekost di gang apa, nomer berapa, perbulannya berapa, fasilitasnya apa aja. Langsung deh cusss senin malem, aku ngajak Nandia buat liat kostnya dan "I fell in love at first sight" crazy monkey 099

Ciyusan deh... malem itu waktu aku dan Nandia liat kostnya dari luar, aku langsung jatuh cinta sama kost itu. Bangunan warna hijau (iya sih faktor utama jatuh cintanya karena kostnya warna ijo big grin *senyum tanpa dosa*) yang terdiri dari dua lantai. Langsung malem itu juga aku DEAL-in kost itu. Dan begonya aku adalah, waktu nyampe kost gergaji aku baru keinget kalo belum liat bagian dalam kostnya alias belum liat calon kamarku juga dan mau gak mau keesokannya aku balik lagi ke kost baru hanya untuk sekedar memuaskan hasrat liat kamar kost baru  laughing

Alhamdulillah akhirnya dapet juga kost barunya. Yeay, yeay, yeayyy~ cheercheercheer

7 komentar :

  1. Hallo, salam kenal...
    Wah, kebetulan baca blog ini...
    Aku baru di semarang, kebetulan aku lagi nyari kos di daerah mataram.
    Boleh tau infonya gak ?
    Aku message di facebook ya...
    Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, maaf baru baca komentarnya...
      Gimana sudah nemu kostnya?

      Hapus
  2. Itu kos nya disebelah mana mba?masih ada yg kosong kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Gang Ligu Selatan. Depan Ruko Mataram. Masih ada kok :)

      Hapus
  3. Kalo kostnya yang di gergaji alamatnya dimana mb?

    BalasHapus
  4. Itu perbulan berapa ya mba??

    BalasHapus
  5. Itu perbulan berapa ya mba??

    BalasHapus