Minggu, 26 Oktober 2014

Nasib Wish List Umur 23 tahun


Engggg inggg enggg...

Hari ini adalah hari terakhirku berumur 23 tahun yang artinya besok eike ulang tahun, nambah umur jadi 24 tahun yaa boookkk. Beneran deh nggak kerasa banget setahun ini, tau-tau udah Oktober lagi aja, tau-tau udah mau nambah umur lagi aja. How time flies~  straight face

Ngomongin soal pertambahan umur pasti keingetnya langsung wishlist apa saja yang pengin aku capai di umur 23 tahun dan seketika pengin ngehapus postingan tersebut. Abisnya banyak banget poin-poin yang belum tercapai, kan akunya jadi ngerasa bersalah gitu, kakakkkk... Ngejelentrehin banyak harapan tapi usahanya nggak sebanyak harapannya. crazy monkey 039

Oke, mending dibahas satu persatu kali yaa biar ntar enak buat evaluasi kedepannya (Ceilah evaluasi, berasa mau rapat organisasi jaman ngampus dulu big grin)


1. Punya Usaha (On Process)
  Point pertama dari wishlistku adalah punya usaha sendiri. Apa kabarnya? I'm fine tengkiyuh *dibalang sandal* Kabarnya yaa alhamdulillah sedang tahap penggodokan. Tahun lalu waktu aku nulis wishlist ini, aku belum tau nih mau punya usaha apa dan bergerak di bidang apa. Selama setahun kemarin mikir-mikir enaknya mau punya usaha apa yaa. Beberapa ide emang bersliweran, mulai dari usaha minim modal dengan jadi reseller olshop-olshop gitu, middle modal dengan bikin usaha percetakan undangan, sampai yang ekstrim modal dengan mendirikan cafe dan beli franchise lembaga pendidikan gitu rolling on the floor Baru akhirnya setelah dipikir-pikir ulang, dipertimbangin manfaat dan mudharatnya akhirnya nggak ada satupun ide diatas yang berani aku realisasikan di tahun ini. Eetapi bukan brarti nggak jadi punya usaha donk karena akhirnya aku nemu ide yang beda dari yang aku sebutin di atas, yaitu aku pengin bikin Online Shop yang bergerak di bidang perhijaban. Olshop yang khusus nyedian jilbab jenis pashmina dan segiempat plain berbahan cerutti. Idenya sih berawal dari akunya yang demen pashmina polos berbahan cerutti tapi kesulitan untuk ngedapatin barangnya. Untuk saat ini lagi tahap survey bahan baku dan pembuatan logo, label, dan uba rampenya. Rencana rilis insyaallah awal tahun 2015. Doakan yaa, gaesss... semoga lancar dan dapat diterima pasar. Aamiin... praying

2. Mandiri 100% (Not Yet)
    Malunya aku untuk nerangin point yang satu ini. Gimana enggak coba? Untuk dalam pemikiran dan pengambilan keputusan aku masih sangat bergantung dengan orang lain, terutama orang tua dan Fal. Masih belum berani mengambil resiko, masih bingungan. Belum lagi waktu nggak ada si jenk rasanya tuh kayak hilang arah banget (lebay yak?) karena pas jaman-jaman ada si jenk, dia akan sangat ringan tangan sekali untuk ngasih bantuan dan mengambil keputusan pun tanpa diminta. Gimana mau jadi bos dan punya usaha coba? Dari segi financial pun begitu. Kadang masih sering kehabisan duit diakhir bulan yang mau nggak mau harus ngirit-rit-rit (dibaca: makan sekali yang super minimalis lauknya) dan kalo sampe ketahuan Fal bakal dimarahin sama dia yang ujung-ujungnya dia bakal ngasih duit tambahan dan aku bakal berusaha nolak ataupun nerima duit itu dengan syarat (minjem dan bakal aku balikin). Pikirku saat ini kita masih pacaran dan Fal belum punya kewajiban secara finansial untuk mencukupi kebutuhanku jadi rasanya enggan untuk nerima duit tambahan dari dia. Dari orang tuapun sama aja akunya belum bisa mandiri secara finansial, servis motor masih dibayarin ortu, pun ke dokter gigi masih dibayarin ortu. Memang sih aku nggak serta merta bakal minta duit secara langsung ke orang tuaku. Tapi orang tuaku hapal aku (yelaaah yang ngelahirin ngana sapa?) kalo aku nggak bakal minta duit secara langsung, jadi yaa orang tuaku langsur nyodorin 'nyooooh' duit buat ini itu. Jadi melow kan jadinya nih... crazy monkey 029

3. Jadi The Real Kakak Pertama (Done)
   Tolok ukur berhasil enggak nya sih sebenernya agak-agak susah yaa boookkk. Tapi ya dengan selama setahun ini kita kakak-adik jarang ada konflik satu sama lain dan kalau ada apa-apa adik-adikku bakal dengan semangatnya menceritakan hal-hal yang mereka alami kepadaku, aku rasa boleh dikatakan berhasil dong yaa? day dreaming Seneng rasanya ketika adik cowokmu yang beranjak dewasa menceritakan betapa excitednya dia tiap habis nyelam atau waktu putus gara-gara pacarnya selingkuh. Ketika adik cewekmu satu-satunya dengan heboh cerita kegalauan-kegalauannya ala-ala remaja puber masa kini. Ketika adik cowokmu yang paling kecil dengan bangganya menunjukkan kemampuan membacanya (lagi belajar membaca dia) kepadamu. Ketika orang tuamu meminta bantuanmu untuk mengkomunikasikan sesuatu kepada adik-adikmu. Rasanya seneng aja, eh nggak nding. Seneng banget malah ketika aku bisa dipercaya oleh adik-adikku dan Bapak Ibuku. love struck

3. Menemukan Jodoh (Not Yet)
    Setelah aku menuliskan wishlist ini, Allah ngasih ujian percintaan (laaaah bahasanya gini amat rolling eyes) ke aku. Di situ aku mikir, mungkin aja Fal emang bukan jodohku, mungkin memang bukan Fal jawaban atas doaku. Tapiii... Nyatanya yaa balik lagi tuh. Aku dan Fal bisa ngelewatin ujian itu dan insyaallah kita naik kelas. Memangnya ya bener kata orang 'Setiap cobaan pasti ada hikmahnya' dan iya, insyaallah aku bisa memetik hikmah dari pembelajaran ini bahwa Too Much Love Will Kill You exactly true! Cinta boleh, tapi jangan banget-banget. Selow ajaa. Kalo kamu percaya sama Allah, maka nggak usah khawatir tentang urusan hati. Kuncinya kamu ikhlas, kamu bisa nerima kenyataan kalo kehidupan itu nggak sekadar manis doang. Allah pengin kamu belajar bahwa dalam kepahitan pun masih ada yang bisa disyukuri. Makanya, sekarang ini saya berusaha selow-selow aja sama Fal. Yang penting kita berdua punya target ke depan dan tetep dibantu doa siang-malam agar diberi kelancaran, kekuatan dan keyakinan mengarungi kehidupan berdua. Ciyehhhh~ love struck

4. Punya Tabungan Nikah (On Process)
    Nabung hukumnya adalah wajib buat aku. Biar dikata badan kurus tak apa yang penting tabungan gemuk! Muahahahaa crazy monkey 011 Udah dibiasin dari kecil buat belajar nabung sih, jadi efeknya nyampe segini gampang-gampang aja buat nyisihin duit untuk ditabung. Prinsipku bukan "Ada duit sisa baru ditabung" tapi "Sisihin duit diawal langsung ditabung". Alhamdulillah tabungan ini udah berjalan setahun, masih dikit sih tapi kan lama-lama jadi bukit kan ya, soalnya aku milih nabung di jenis tabungan masa depan yang nggak bisa diambil kapan aja alias ada periode jatuh temponya. Orang tuaku dan Fal juga tahu kalo aku punya tabungan nikah. Responnya? Kalo orang tua penginnya duit tabungan ini buat tambah-tambah modal usaha atau untuk tabungan pendidikan anak kelak (belum-belum udah ngomongin cucu straight face) untuk urusan menikahkan anak udah jadi kewajiban orang tua. Duh, Bapak Ibu emang pinter banget bikin anaknya speechless big hug Lalu bagaimana dengan Fal? Alhamdulillah responnya positif, malahan dia pengin ikut nimbrung dan ngusulin untuk bikin tabungan bersama. Saat ini sih kita lagi mempertimbangin mau nabung atau invest di mana yang hasilnya gedhe dan cukup untuk biaya kawin. blushing

5. Bisa Rutin Sedekah (Not Yet)
    Kalo treatmant nabung dari orang tua berhasil, treatmant bersedekah malah yang mlempem. Secara yaa kalo nabung kan duitnya ujung-ujungnya untuk kita juga dan ada bukti fisiknya si duit itu sendiri. Nah kalo nabung? Helooooo, aku tahu kalo ketika kita bersedekah, maka Allah akan menggantikan rejeki kita berlipat-lipat. Tapi kan, tapi kan, masih susah banget untuk meruntinkan bersedekah, kakakkkk. Padahal ya setiap aku bersedekah, Allah langsung ngasih gantinya berlipat-lipat cuma dalah hitungan jam dan hari. Cuma yaa itu, untuk merutinkan kok susah amat yak dilakoninnya. Jangan ditiru yaa, gaesss. Ini aku juga masih belajar untuk rutin nyisihin sedikit rejeki tiap bulannya dan dikumpulin untuk diberikan kepada yang berhak. Semoga Allah melapangkan dan meringankan langkahku. Aamiin. praying

6. Bisa Shopping (Not Yet)
    Meskipun setahun ini kerasanya cepet banget, tapi nggak begitu untuk urusan pershopingan. Malahan tahun ini bisa dibilang aku jarang banget belanja-belenji dan ngemall. Boro-boro belanja di mall, belanja di Johar itu lhoo aku pun tak sanggup. Selain karena sekarang-sekarang ini nggak ada temen duetnya (berasa mau ndangdutan sing) tapi juga karena nggak ada duit buat shopping lagi. Kalo dipikir-pikir dulu ada kok sekarang nggak ada? Ya kaliii, tahun lalu bensin seliter 4500 sekarang jadi 6500, nasi telur dulu 3500 sekarang 5000, bus dulu 8000 sekarang 10000, sewa kost naik 20%, sementara gaji nggak naik! Pie jal perasaanmu? crying Jadi ya mau nggak mau urusan pershopingan pun kudu dikesampingkan dulu demi bisa bertahan hidup dan nabung.

7. Makin Kenceng Ibadah Wajib dan Sunnah (Not Yet)
   Sama sih kayak di wishlist. Solat 5 waktu insyaallah sudah tapi ya itu masih suka nunda-nunda waktu big grin Sunnahnya? Waktu jaman-jaman dikasih ujian sih giat banget tuh solat sunnah agar hatinya tenang. Lhaa sekarang? Bluppp blupp bluppp, rajinnya tenggelam di lautan. Dasar ya manusia, baru nyari-nyari Tuhannya dikala susah. Pas lagi hepi-hepinya malah dilupain. Etapi, kalo untuk kasusku sih aku nggak lupa sama Allah, cuma ibadah sunnahnya aja yang jadi jarang-jarang. AJA? kamu bilang cuma AJA?!! *ditoyor malaikat* not worthy

8. Berhijab (Done)
    Dari sekian banyak daftar wishlist sepertinya ini point yang bisa dibilang sukse besar.(dikata main lotre kaliii) Padahal waktu aku nulis point ini antara iya atau enggak mau ditulis. Abisnya bingung mau ngasih keterangannya gimana, antara mau minta doa tapi malu juga kalo ujung-ujungnya malah point ini akan terlewatkan begitu saja setahun ini tanpa usaha. Dan sungguh, kun fayakun maka terjadilah. Allah mengiringku dan menunjukkan lewat jalan mana agar aku berjilbab, meski bukan jalan mulus tapi Alhamdulillah aku berhasil melalui jalan itu hingga sekarang aku pun berjilbab. Di setiap doa-doaku, aku mesti minta sama Allah agar dimudahkan istiqomah dalam berjilbab. Soalnya kadang miris ngeliat temen-temenku yang masih buka tutup jilbabnya. Apakah aku tergoda? Alhamdulillah enggak, setahun ini Allah menjauhkan dari godaan buka tutup jilbab dan semoga begitu seterusnya. Bismillah... angel

9. Travelling Minimal 3 Destinasi (Not Yet)
    Pengin nangis guling-guling rasanya. Sedih abesssss! crying Gimana nggak coba, dari ketiga destinasi yang ada di wishlist nggak ada satupun yang jadi kunjungi. Setahunan ini perjalan yang berhasil aku lakuin adalah jalan-jalan yang deket-deket aja, kayak Desember tahun kemarin diajakin ke Cimory sama Fal dan adik-adiknya, terus bulan Januari ke Salatiga bareng sama Fal juga, lalu nengokin Indah ke Purbalingga. Giliran ada kesempatan arung jeram pas annual meeting tahunan kantor, eh lhaa kok akunya muntaber dan tepar berat. Ikut sih jalan ke Jogja, ke hotel dan waktu makan tapi ya itu ujung-ujungnya cuma tiduran di kamar atau di mobil. Apesss bener yakin lah! crazy monkey 206

10. Pengin Gendut (On Process)
      Tahukah kalian gaessss. Bagiku dikatain "Kamu kok kurusan, Nyo" lebih menyakitkan daripada ditanyain "Kamu kapan nikah, Nyo?". Tenan wis. Secara yaa tahun ini akunya emang belum pengin nikah. Kepikiran nikah sih udahm tapi kalo diajakin nikah tahun ini yaa ogah juga. Nah, sementara dari jaman selesai sidang skripsi sampe sekarang udah usaha buat ngegemukin badan tapi belum juga berhasil-berhasil. Giliran udah naik sekilo, meriang dikit langsung turun dua kilo. Gimana nggak malah bikin tambah stress, padahal I know kuncinya untuk naikin berat badan kan kitanya nggak boleh stress. Sampai bulan lalu Fal ngechat ngasih tau pengalaman temennya naikin berat badan dengan cara minum susu perencanaan hamil. Masyaallah kagetnya bukan main waktu Fal nyuruh aku ikutan minum susu itu juga. Awalnya sih akunya pesimis, secara ya program penggemukan minum susu udah aku mulai dari dulu-dulu dari nyoba susu cair, susu kental manis, sampai susu bubuk dan hasilnya tetepnya nihil. Cuma bikin berat badan stabil, naiknya sih kagak. Tapi Fal gigih banget ngeyakinin aku untuk nyoba, sampe-sampe dia semangat banget mau ngejatah buat beliin susunya dan yaudin deh aku coba. Yunoo gaes, belum juga satu kardus abis berat badanku udah naik 2,5 kilo aja. Pengalaman di aku sih, setelah minum susu itu akunya jadi gampang laper dan kudu ngunyah sesuatu. Soalnya dulu pas program penggemukan dengan minum suplemen penambah napsu makan, akunya males nurutin keinginan perut yang laper. Tapi kalo ini sih enggak, entah karena susunya atau bukan yang jelas sekarang tiap ngerasa laper jadi kudu makan sesuatu dan sekarang aku juga lagi gampang banget pengin makan ini itu, kemarin pengin jagung serut, hari ini pengin siomay, besok pengin mie ayam, besoknya lagi entah pengin apa lagi. Kalo udah ngerasa efeknya gini, oke-oke aja minum susu perencanaan hamil terus. crazy monkey 146








Note: Heheee... Ternyata panjang bener yaa penjlentrehannya.big grin

2 komentar :

  1. point 6...harga nasi telurnya kayaknya kebalik -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, iyaaa... buru-buru di edit. Maaciw koreksinya, jenk :*

      Hapus